Manfaat Bawang Hitam yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Hitam yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Hitam yang Baik untuk Kesehatan – Dari sekian banyaknya bawang yang kita konsumsi tiap hari, pastinya bawang putih dan bawang merah adalah yang paling umum untuk kita ketahui. Tapi bagaimana dengan bawang hitam? Pernahkah kamu melihatnya?

Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan, Bukan Bawang Putih Biasa - Hot Liputan6.com

Bawang hitam sebenarnya adalah bawang putih itu sendiri, tetapi memiliki proses yang berbeda dalam hal pengawetan. Dilansir dari berbagai sumber http://centre-equestre-de-juzet.com/, bawang putih dapat menjadi bawang hitam jika mengalami reaksi Mailard yang mana harus disimpan pada area bersuhu 60-80 derajat celcius dengan tingkat kelembapan 70-90 persen selama kurang lebih satu bulan. Tentu saja rasa serta kandungan kimianya akan berbeda.

Mengalami pengawetan sebegitu lamanya bukan berarti bawang hitam tidak sehat. Malahan banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bahan makanan tersebut. Berikut ini beberapa manfaat bawang hitam untuk kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya!

1. Mengurangi risiko terkena kanker

Kandungan kimia di dalam bawang hitam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang ada di tubuh. Dikatakan pula bukan tidak mungkin kandungan bawang hitam mampu membunuh sel kanker.

2. Menurunkan tekanan darah

Menurut https://103.31.38.66/ Konsumsi bawang hitam dapat mempertahankan tekanan darahmu di tingkat normal. Itu dikarenakan adanya kandungan organosulfur yang melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir lebih lancar dan tidak menekan dinding arteri.

3. Merupakan sumber antioksidan

Mereka yang cukup memerhatikan penampilan, akan pula memerhatikan khasiat ini. Sebagai sumber antioksidan, bawang hitam dapat menjaga kondisi kulitmu untuk tetap sehat dan tampak cerah. Selain itu, antioksidan juga dapat mengurangi adanya kerusakan pada organ tubuh, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Mengatasi alergi

Menjadi pemilik sebuah alergi sangat tidak mengenakkan. Mereka harus menjauh dari hal yang memicu reaksi alergi mereka. Namun bawang hitam dapat menekan itu semua. Konsumsi yang konsisten membuatmu lebih tahan alergi dan dapat mengurangi reaksi yang dimunculkan.

5. Mencegah kegemukan

Lebih tepatnya mencegah berat badan berlebihan atau obesitas. Bawang hitam dapat menurunkan sel lemak yang ada di seluruh penjuru tubuh, khususnya di bagian perut. Itu membuat berat badanmu tetap terjaga dan menjadi ideal karena lemaknya luruh.

6. Melindungi sel-sel otak

Dalam makanan yang sehari-hari kamu santap, pasti 90 persen di antaranya terdapat kandungan MSG atau micin. Bahan tersebut memang menguatkan rasa, namun sejujurnya itu tidak baik bagi tubuh dan otak. Konsumsi bawang hitam dapat menghindarkan kerusakan tersebut, karena kandungannya menjadi pelindung sel-sel otak.

Comments are closed.