5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Detoksifikasi Ginjal

5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Detoksifikasi Ginjal

5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Detoksifikasi Ginjal

Ini 10 Makanan 'Super' yang Harus Dikonsumsi untuk Menyehatkan Ginjal, Mudah Didapat - Serambi Indonesia

5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Detoksifikasi Ginjal – Ginjal merupakan organ kecil berbentuk kacang yang berperan menyaring racun dari darah, menyeimbangkan kadar mineral, dan membantu mengatur tekanan darah. Sebagai sistem filtrasi tubuh, ginjal bahkan dapat membersihkan dirinya sendiri saat tubuh dalam keadaan sehat.

Umumnya, kamu bisa menjaga kesehatan ginjal cukup dengan mencukupi kebutuhan cairan dan menerapkan pola makan bergizi seimbang. Walaupun begitu, kamu tetap bisa membantu detoksifikasi ginjal dari racun dan meningkatkan kesehatan organ tersebut dengan mengandalkan beberapa bahan alami.

Apa saja bahan alami yang dapat membantu membersihkan ginjal dari racun? Baca terus penjelasan di bawah ini.

1. Cuka sari apel

Cuka Apel: Manfaat, Cara Pakai, Efek Samping, dll

Melansir WebMD, konsumsi cuka sari apel ditemukan efektif dalam mencegah stres oksidatif pada ginjal. Cuka sari apel dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh, menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi tekanan darah, yang merupakan kondisi optimal untuk menjaga kesehatan ginjal.

Kandungan asam sitrat dalam cuka sari apel juga dapat melarutkan batu ginjal. Konsumsi cuka sari apel secara rutin juga dapat mengeluarkan racun dari ginjal.

2. Cranberry

Kandungan Buah Cranberry dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit - Beauty Fimela.com

Cranberry telah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan kandung kemih. Sebuah uji klinis yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi cranberry kering maupun yang dimaniskan setiap hari selama 2 minggu mengalami penurunan insiden infeksi saluran kemih.

Buah cranberry segar bisa ditambahkan ke dalam campuran smoothie, atau bentuk keringnya bisa dicampurkan ke dalam salad atau sajian oatmeal.

3. Makanan tinggi kalsium

Daftar Makanan Berkalsium Tinggi - Alodokter

Selama ini, masih banyak orang yang mengira bahwa menghindari makanan atau minuman yang mengandung kalsium dapat membantu mencegah batu ginjal. Padahal, yang benar justru sebaliknya.

Melansir https://christian-mommies.com/ , terlalu banyak kandungan oksalat dalam urine dapat menyebabkan batu ginjal. Maka kalsium yang terbutuhkan untuk mengikat oksalat guna mengurangi penyerapan dan ekskresi zat ini.

4. Rumput laut

Budidaya Rumput Laut Ditinggalkan Warga Pulau Bajo, Gegara Ini - Bimakini

Rumput laut cokelat telah melakukan penelitian efeknya terhadap kesehatan pankreas, ginjal, dan hati. Menurut study yang telah publis dalam jurnal Hindawi yang melakukan dengan memberi makan tikus dengan rumput laut selama 22 hari, menunjukkan adanya penurunan kerusakan ginjal dan hati akibat diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu juga bisa mulai mengganti camilan gurihmu dengan sebungkus camilan rumput laut kering.

5. Cukupi kebutuhan air

Cukupi Air Minum Selama Masa Berbuka Puasa

Setiap organ tubuh kita membutuhkan air untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Sebagai sistem filtrasi tubuh, ginjal juga membutuhkan air untuk mengeluarkan urine yang merupakan produk limbah utama yang memungkinkan tubuh membuang zat yang tidak memerlukannya.

Ketika asupan cairan rendah, volume urine pun sedikit. Keluaran urine yang rendah dapat menyebabkan disfungsi ginjal, salah satunya pembentukan batu ginjal.

Comments are closed.